PROGRAM KERJA HUMAS SMA NEGERI 1 SUNGGAL
1. SEJARAH
SMA NEGERI 1 SUNGGAL
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan pencerahan dalam dunia pendidikan
di Indonesia.Berbagai paradigm baru menyangkut guru, proses pembelajaran dan
elemen-elemen penting dalam pendidikan dimuat dalam undang-undang tersebut.
Dalam apasal 3 Undang-undang No. 20 Itu dijelaskan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa , bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi
warganegara yang demokratis serta bertanggungjawab.
Untuk mewujudkan tujuan yang kompleks
tersebut, pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang tertuang dalam
Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar nasional pendidikan.
Dalam Peraturan pemerintah ini dijelaskan bahwa standar Nasional pendidikan
meliputi: 1) Standar isi, 2)Standar kompetensi lulusan, 3) standar proses, 4)
Standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) Standar sarana prasarana, 6)
Standar pengelolaan, 7) Standar Pembiayaan, 8) Standar penilaian pendidikan.
Melalui Standar Nasional Pendidikan, sekolah dapat”berkaca diri” sejauh mana
setiap standar pendidikan dicapainya, dan sejauh mana kepala sekolah dapat
mengelola sekolah.
SMA Negeri 1 Sunggal, Kecamatan Sunggal,
Kabupaten Deli Serdang terletak di antara kotamadya Medan dan Kotamadya Binjai
dan didirikan pada bulan Juli tahun
2005.Warga masyarakat mayoritas berprofesi sebagai buruh pabrik dan petani.Dari
segi ekonomi masyarakat, warga masyarakat Sunggal dirata-ratakan dalam kategori
kelas menengah ke bawah.SMA Negeri 1 Sunggal merupakan SMA satu-satunya di
kecamatan sunggal.Sehingga menjadi idola bagi siswa-siswi lulusan SMP yang ada
di kecamatan tersebut. Di kecamatan Sunggal terdapat 4 SMP Negeri dan ditambah
beberapa sekolah SMP Swasta, sehingga siswa pendaftar ke SMA Negeri 1
Sunggal tiap tahun melebihi siswa yang
akan diterima, pada tahun pembelajaran 2015/2016 jumlah siswa yang mendaftar 838 orang dan yang diterima sebanyak 410 orang.
Saat ini jumlah siswa keseluruhan berjumlah 1005 orang, dengan jumlah ruang
belajar 27 kelas, dengan fasilitas yang memadai mulai dari ruang guru dimana
tersedia meja dan kursi untuk masing-masing guru, ruang kasek, ruang wakasek,
ruang tata usaha, laboratorium kimia, fisika dan biologi, laboratorium bahasa,
laboratorium computer ( sa’at ini sedang digunakan untuk UKG ) dan saat ini
juga sedang di bangun ruang computer yang baru karena direncanakan dapat
digunakan untuk ujian UN secara online tahun ini. Juga dilengkapi dengan
perpustakaan ruang BP , UKS dan ruang osis dan pramuka, dilengkapi juga dengan
fasilitas kantin dan kamar mandi yang memadai sesuai dengan jumlah siswa.
Dukungan pemerintah, baik pusat maupun
daerah, terhadap penyelenggaraan pendidikan di SMA cukup baik.Pemerintah pusat
melalui provinsi Sumatera Utara cukup banyak membantu penyelenggaraan
pendidikan. Pada 2 tahun terakhir jenis bantuan yang telah diterima SMA Negeri
1 Sunggal adalah computer, LCD, alat-alat LAB bahasa, buku-buku olimpiade,
beasiswa BKM, dan blogrant rintisan sekolah standard nasional. Pengusaha peduli pendidikan memberikan bantuan berupa
pembangunan ruang belajar baru satu unit.Dan sebuah lapangan basket yang
dibangun oleh pengusaha.SMAN 1 sunggal juga merupakan sekolah adiwiyata
nasional.Oleh karena itu lingkungannya sangat bersih, sejuk, asri dan
rindang.Hal ini sejalan dengan motto PEMDA Deli Serdang yaitu BERSERI.
2. STRUKTUR
ORGANISASI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P.
2015 / 2016
3. PROGRAM
KERJA HUMAS
Program kerja humas sejalan dengan tugas
pokok kaur humas di SMAN 1 Sunggal : Staf Pimpinan Sekolah Bidang Hubungan
Masyarakat mempunyai tugas membantu Kepala
Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1) Memberikan
informasi dan menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat ataupihak-pihak
lain yang membutuhkannya.
2) Membantu
pemimpin yang karena tugas-tugasnya tidak dapat langsung memberikaninformasi
kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya.
3) Membantu
Kepala Sekolah mempersiapkan bahan-bahan tentang permasalahan daninformasi yang
akan disampaikan atau yang menarik perhatian masyarakat pada saattertentu.
4) Membantu
Kepala Sekolah dalam mengembangkan rencana dan kegiatan lanjutan
a. Yang
berhubungan dengan pelaksanaaan kepada masyarakat sebagai akibat dari
b. Komunikasi
timbal balik dengan pihak luar, yang ternyata menumbuhkan harapan
c. Untuk
penyempurnaaan kegiatan yang telah dilakukan oleh organisasi.
5) Melaporkan
tentang pikiran-pikiran yang berkembang dalam masyarakat tentangmasalah
pendidikan.
6) Membantu
kepala sekolah bagaimana usaha untuk memperoleh bantuan dan kerja sama.
7) Menyusun
rencana bagaimana cara-cara memperoleh bantuan.
8) Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Humas
secara berkala.
Program
kerja HUMAS mencakup :
1)
Program Umum
a)
Koordinasi
dengan instansi pemerintah
b)
Koordinasi
dengani Wali Murid/masyarakat
2)
Program Khusus
a) Melaksanakan
rapat Koordinasi dengan wali murid kelas 10 dan Komite untuk
menetapkan
Program sekolah secara umum
b) Rapat
koordinasi pengurus Komite dalam penyusunan RAPBS
c) Mengadakan
kerja sama dengan urusan kesiswaan dalam memperingati Hari Besar ,
baik hari
Besar Agama maupun hari besar Nasional
d) Mengadakan
kunjungan dan bantuan kepada guru yang sakit,
e) Mengadakan
kunjungan dan bantuan kepada guru yang punya kerja,
f) Mengadakan
koordinasi untuk memberikan bantuan siswa miskin/yatim.
g) Mengadakan
kordinasi dengan wali kelas untuk memberikan bantuan dan kunjungan
terhadap
siswa yang sakit,
h) Menjalin kerjasama dengan pihak swasta/BUMN dalam
melaksanakan program
sekolah Seperti sistem absensi automatic line
i) Menjalin komunikasi dua arah dengan pihak orang tua
siswa dalam segala kegiatan
yang bersifat
kesinambungan dan kegiatan intra sekolah
j) Menginformasikan kegiatan yang berkelanjutan dalam
melangsungkan kegiatan dan program antar pelajar.
k) Menyanmbut baik tanggapan yang datang dari luar organisasi sekolah
tentang hal-hal yang berkembang sesuai dengan fakta kinerja yang dilakukan oleh
pihak sekolah.
l) Siap dengan serta merta menyambut opini-opini
masyarakat dan mengajak pihak luar untuk memahami hal yang sebenarnya yang menyangkut
kegiatan program intra sekolah
m) Menjalin kerjasama dengan pihak sumatera flight dalam
kerangka program studi lanjut kejuruan bagi siswa alumni dan jelang akhir
sekolah
n) Menjalin kerjasama dengan pihak/akademi studi lanjut
dibidang kepolisian dan kemiliteran jelang akhir studi di kelas xii
o) Menjalin kerjasam dengan pihak polsekta Sunggal dalam
upaya pencegahan penggunaan narkotika.
p) Menjalin kerjasama dengan semua komponen sekolah
dan Pemda setempat dalam rangka
mewujutkan sekolah adiwiyata nasional
q) Menjalin kerjasama dengan dinas pendidikan dalam
rangka pelaksanaan ujian kompetensi guru tahun 2015.
r) Melaporkan
tentang pikiran-pikiran yang berkembang dalam masyarakat tentang masalah
pendidikan
4. CAPAIAN
KINERJA
- Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat antara staf pimpinan dengan pengurus komite sekolah.
- Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat antara pihak sekolah dengan para orang tua siswa (Pengurus/ Anggota Komite Sekolah) baik dalam hal mensosialisasikan program-program sekolah, maupun pengadaan sarana dan prasarana pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
- Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat pihak sekolah dengan para orang tua siswa (Pengurus/ Anggota Komite Sekolah) dalam hal perencanaan pengambilan buku raport siswa.
- Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat antar/ interen warga sekolah dalam hal menjalin hubungan kerjasama, seperti; mengadakan kemah kerja bersama, kunjungan/ pertandingan persahabatan, lomba mata pelajaran, dan lain-lain.
- Mengkoordinasikan hubungan kerjasama antar instansi baik dinas maupun swasta dalam hal mensukseskan program kerja sekolah maupun program kerja instansi yang bersangkutan antara lain : Lomba-lomba seperti; UKS, Sekolah Adiwiyata Nasional, Kebersihan, karya inovasi siswa, cerdas cermat koperasi, dan sebagainya dan Sosialisasi/ ceramah-ceramah seperti; Narkoba, Rabies, Penanggulangan bencana, dansebagainya.
5. OPINI
PUBLIK YANG PERNAH DICIPTAKAN DAN BAGAIMANA DAMPAKNYA TERHADAP LEMBAGA /
ORGANISASI SECARA KESELURUHAN BENTUK OPINI PUBLIK YANG PERNAH DICIPTAKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP SMA
NEGERI 1 SUNGGAL
- Bidang Sarana Akademik
- Di bidang Sarana Pendidikan
praktikum, perpustakaan,
UKS yang memenuhi standar, kantor guru/
pegawai dan sebagainya beserta perabot atau mobeuler yang memadai, sanitasi,
lingkungan sekolah yang asri akan memiliki daya tarik tersendiri bagi
popularitas sekolah.
c
- Di bidang Sosial
membersihkan
rumah ibadah, bakti sosial oleh guru dan siswa kristiani melalui organisasi Rokris dengan memberikan pengobatan gratis dan pemeriksaan golongan darah gratis
bagi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar SMA Negeri 1 Sunggal dan yang
paling membanggakan adalah kegiatan yang diadakan oleh Rohis yaitu siswa peduli
du’afa yang diadakan setiap bulan ramadhan setiap tahunnya yang merupakan ajang
berbagi dan bentuk kepedulian guru dan siswa terhadap warga sekitar yang
nasibnya kurang beruntung ekonominya, perayaan-perayaan hari besar nasional
atau keagamaan, sekolah adiwiyata akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian
sekolah terhadap lingkungan sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar
lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat.
- Di bidang budaya
- Kegiatan Karya Wisata
- Kegiatan Olah Raga dan Kesenian
Menyediakan
fasilitas sekolah untuk kepentingan masyarakat sekitar sepanjang tidak mengganggu
kelancaran Proses Belajar Mengajar, demikian sebaliknya fasilitas yang ada di
masyarakat sekitarnya dapat digunakan untuk kepentingan SMA Negeri 1 Sunggal.
Mengikutsertakan
tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah,
baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan masih banyak lagi kegitan
operasionalhubungan sekolah dengan masyarakat yang dikreasikan sesuai situasi,
kondisi serta kemampuanpihak-pihak terkait.
6. METODE/
CARA YANG DIGUNAKAN SMAN 1 SUNGGAL UNTUK MENYAMPAIKAN SETIAP PERUBAHAN ATAU
INFORMASI KEPADA PUBLIK ATAU STAKE HOLDERNYA.YAITU MELALUI PUBLISITAS SEBAGAI
BERIKUT :
- Kegiatan Eksternal
Kegiatan
ini selalu berhubungan atau ditujukan kepada instansi atasan dan masyarakat di
Luar sekolah. Ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan dalam hal ini yakni:
1) Indirect act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan
masyarakat melalui perantara mediatertentu seperti misalnya: informasi lewat
Internet/ Website Sekolah. Penyebaran informasimelalui kegiatan pameran karya
anak dan melalui majalah Sekolah.
2) Direct act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat
melalui tatap muka, misalnya: rapat bersama dengan komitte sekolah, konsultasi
dengan tokoh masyarakat, melayani kunjungan tamu dan sebagainya.
- Kegiatan Internal
Kegiatan
ini merupakan publisitas ke dalam, sasarannya adalah warga SMA Negeri 1 Sunggal yang bersangkutan yaitu para Guru,
Staf Tata Usaha, dan peserta didik. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan dua
kemungkinan yakni:
1) Indirect
act adalah kegiatan internal melalui penyampaian
informasi melalui surat edaran; penggunaan papan pengumuman di
sekolah; penyelenggaraan majalah dinding; menerbitkan buletin/ majalah sekolah
untuk dibagikan pada warga sekolah; pemasanganiklan/ pemberitahuan khusus
melalui mass media; dan kegiatan pentas seni.
2) Drect act adalah kegiatan internal yang dapat berupa:
rapat dewan guru; upacara sekolah; Tirtayatra/ rekreasi bersama; dan penjelasan
pada berbagai kesempatan.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar