Kamis, 26 November 2015

PROGRAM KERJA HUMAS SMA NEGERI 1 SUNGGAL




1.      SEJARAH SMA NEGERI 1 SUNGGAL

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional merupakan pencerahan dalam dunia pendidikan di Indonesia.Berbagai paradigm baru menyangkut guru, proses pembelajaran dan elemen-elemen penting dalam pendidikan dimuat dalam undang-undang tersebut. Dalam apasal 3 Undang-undang No. 20 Itu dijelaskan bahwa  Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa , bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggungjawab.
Untuk mewujudkan tujuan yang kompleks tersebut, pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar nasional pendidikan. Dalam Peraturan pemerintah ini dijelaskan bahwa standar Nasional pendidikan meliputi: 1) Standar isi, 2)Standar kompetensi lulusan, 3) standar proses, 4) Standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) Standar sarana prasarana, 6) Standar pengelolaan, 7) Standar Pembiayaan, 8) Standar penilaian pendidikan. Melalui Standar Nasional Pendidikan, sekolah dapat”berkaca diri” sejauh mana setiap standar pendidikan dicapainya, dan sejauh mana kepala sekolah dapat mengelola sekolah.
SMA Negeri 1 Sunggal, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang terletak di antara kotamadya Medan dan Kotamadya Binjai dan didirikan pada  bulan Juli tahun 2005.Warga masyarakat mayoritas berprofesi sebagai buruh pabrik dan petani.Dari segi ekonomi masyarakat, warga masyarakat Sunggal dirata-ratakan dalam kategori kelas menengah ke bawah.SMA Negeri 1 Sunggal merupakan SMA satu-satunya di kecamatan sunggal.Sehingga menjadi idola bagi siswa-siswi lulusan SMP yang ada di kecamatan tersebut. Di kecamatan Sunggal terdapat 4 SMP Negeri dan ditambah beberapa sekolah SMP Swasta, sehingga siswa pendaftar ke SMA Negeri 1 Sunggal  tiap tahun melebihi siswa yang akan diterima, pada tahun pembelajaran 2015/2016 jumlah siswa yang mendaftar 838  orang dan yang diterima sebanyak 410 orang. Saat ini jumlah siswa keseluruhan berjumlah 1005 orang, dengan jumlah ruang belajar 27 kelas, dengan fasilitas yang memadai mulai dari ruang guru dimana tersedia meja dan kursi untuk masing-masing guru, ruang kasek, ruang wakasek, ruang tata usaha, laboratorium kimia, fisika dan biologi, laboratorium bahasa, laboratorium computer ( sa’at ini sedang digunakan untuk UKG ) dan saat ini juga sedang di bangun ruang computer yang baru karena direncanakan dapat digunakan untuk ujian UN secara online tahun ini. Juga dilengkapi dengan perpustakaan ruang BP , UKS dan ruang osis dan pramuka, dilengkapi juga dengan fasilitas kantin dan kamar mandi yang memadai sesuai dengan jumlah siswa.

Dukungan pemerintah, baik pusat maupun daerah, terhadap penyelenggaraan pendidikan di SMA cukup baik.Pemerintah pusat melalui provinsi Sumatera Utara cukup banyak membantu penyelenggaraan pendidikan. Pada 2 tahun terakhir jenis bantuan yang telah diterima SMA Negeri 1 Sunggal adalah computer, LCD, alat-alat LAB bahasa, buku-buku olimpiade, beasiswa BKM, dan blogrant rintisan sekolah standard nasional. Pengusaha  peduli pendidikan memberikan bantuan berupa pembangunan ruang belajar baru satu unit.Dan sebuah lapangan basket yang dibangun oleh pengusaha.SMAN 1 sunggal juga merupakan sekolah adiwiyata nasional.Oleh karena itu lingkungannya sangat bersih, sejuk, asri dan rindang.Hal ini sejalan dengan motto PEMDA Deli Serdang yaitu BERSERI.

2.      STRUKTUR ORGANISASI SMA NEGERI 1 SUNGGAL  T.P. 2015 / 2016

 




3.      PROGRAM KERJA HUMAS

Program kerja humas sejalan dengan tugas pokok kaur humas di SMAN 1 Sunggal  : Staf Pimpinan Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat mempunyai tugas membantu Kepala  Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1)  Memberikan informasi dan menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat ataupihak-pihak lain yang membutuhkannya.
2) Membantu pemimpin yang karena tugas-tugasnya tidak dapat langsung memberikaninformasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya.
3)   Membantu Kepala Sekolah mempersiapkan bahan-bahan tentang permasalahan daninformasi yang akan disampaikan atau yang menarik perhatian masyarakat pada saattertentu.
4)   Membantu Kepala Sekolah dalam mengembangkan rencana dan kegiatan lanjutan
a.  Yang berhubungan dengan pelaksanaaan kepada masyarakat sebagai akibat dari
b.  Komunikasi timbal balik dengan pihak luar, yang ternyata menumbuhkan harapan   
c.   Untuk penyempurnaaan kegiatan yang telah dilakukan oleh organisasi.
5) Melaporkan tentang pikiran-pikiran yang berkembang dalam masyarakat tentangmasalah pendidikan.
6)    Membantu kepala sekolah bagaimana usaha untuk memperoleh bantuan dan kerja sama.
7)    Menyusun rencana bagaimana cara-cara memperoleh bantuan.
8)    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Humas secara berkala.
     Program kerja HUMAS mencakup :
1)        Program Umum
a)        Koordinasi dengan instansi pemerintah
b)        Koordinasi dengani Wali Murid/masyarakat
2)        Program Khusus
a)   Melaksanakan rapat Koordinasi dengan wali murid kelas 10 dan Komite untuk 
         menetapkan Program sekolah secara umum
b)   Rapat koordinasi pengurus Komite dalam penyusunan RAPBS
c)   Mengadakan kerja sama dengan urusan kesiswaan dalam memperingati Hari Besar ,
     baik hari Besar Agama maupun hari besar Nasional
d)    Mengadakan kunjungan dan bantuan kepada guru yang sakit,
e)   Mengadakan kunjungan dan bantuan kepada guru yang punya kerja,
f)    Mengadakan koordinasi untuk memberikan bantuan siswa miskin/yatim.
g)   Mengadakan kordinasi dengan wali kelas untuk memberikan bantuan dan kunjungan
     terhadap siswa yang sakit,
h)   Menjalin kerjasama dengan pihak swasta/BUMN dalam melaksanakan program
     sekolah Seperti sistem absensi automatic line
i)   Menjalin komunikasi dua arah dengan pihak orang tua siswa dalam segala kegiatan
     yang  bersifat kesinambungan dan kegiatan intra sekolah
j)    Menginformasikan kegiatan yang berkelanjutan dalam melangsungkan kegiatan dan program antar pelajar.
k)   Menyanmbut baik tanggapan  yang datang dari luar organisasi sekolah tentang hal-hal yang berkembang sesuai dengan fakta kinerja yang dilakukan oleh pihak sekolah.
l)    Siap dengan serta merta menyambut opini-opini masyarakat dan mengajak pihak luar untuk memahami hal yang sebenarnya yang menyangkut kegiatan program intra sekolah
m)  Menjalin kerjasama dengan pihak sumatera flight dalam kerangka program studi lanjut kejuruan bagi siswa alumni dan jelang akhir sekolah
n)  Menjalin kerjasama dengan pihak/akademi studi lanjut dibidang kepolisian dan kemiliteran jelang akhir studi di kelas xii
o) Menjalin kerjasam dengan pihak polsekta Sunggal dalam upaya pencegahan penggunaan narkotika.
p)    Menjalin kerjasama dengan semua komponen sekolah dan  Pemda setempat dalam rangka mewujutkan sekolah adiwiyata nasional
q)  Menjalin kerjasama dengan dinas pendidikan dalam rangka pelaksanaan ujian kompetensi guru tahun 2015.
r)   Melaporkan tentang pikiran-pikiran yang berkembang dalam masyarakat tentang masalah pendidikan

4.      CAPAIAN KINERJA
  • Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat antara staf pimpinan dengan pengurus komite sekolah.
  • Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat antara pihak sekolah dengan para orang tua siswa (Pengurus/ Anggota Komite Sekolah) baik dalam hal mensosialisasikan program-program sekolah, maupun pengadaan sarana dan prasarana pendidikan untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
  • Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat pihak sekolah dengan para orang tua siswa (Pengurus/ Anggota Komite Sekolah) dalam hal perencanaan pengambilan buku raport siswa.
  • Mengkoordinasikan pertemuan/ rapat antar/ interen warga sekolah dalam hal menjalin hubungan kerjasama, seperti; mengadakan kemah kerja bersama, kunjungan/ pertandingan persahabatan, lomba mata pelajaran, dan lain-lain.
  • Mengkoordinasikan hubungan kerjasama antar instansi baik dinas maupun swasta dalam hal mensukseskan program kerja sekolah maupun program kerja instansi yang bersangkutan antara lain : Lomba-lomba seperti; UKS, Sekolah Adiwiyata Nasional, Kebersihan, karya inovasi siswa, cerdas cermat koperasi,  dan sebagainya dan Sosialisasi/ ceramah-ceramah seperti; Narkoba, Rabies, Penanggulangan bencana, dansebagainya.


5. OPINI PUBLIK YANG PERNAH DICIPTAKAN DAN BAGAIMANA DAMPAKNYA TERHADAP LEMBAGA / ORGANISASI SECARA KESELURUHAN BENTUK OPINI PUBLIK YANG PERNAH DICIPTAKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP SMA NEGERI 1 SUNGGAL

  • Bidang Sarana Akademik
Tinggi rendahnya prestasi lulusan (kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya ilmiah (lokal, nasional, internasiona), jumlah dan tingkat kesarjanaan pendidiknya, sarana dan prasarana akademik termasuk laboratorium dan perpustakaan atau Pusat Sumber Belajar, Sumber Belajar yang mutakhir serta teknologi instruksional yang mendukung Proses Belajar Mengajar, termasuk ukuran prestasi dan prestise-nya berdampak semakin tinggi tingkat kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra/ putrinya di SMA Negeri 1 Sunggal.
  • Di bidang Sarana Pendidikan
Gedung atau bangunan sekolah yang tertata rapi termasuk ruang belajar, ruang
praktikum, perpustakaan, UKS yang memenuhi standar,  kantor guru/ pegawai dan sebagainya beserta perabot atau mobeuler yang memadai, sanitasi, lingkungan sekolah yang asri akan memiliki daya tarik tersendiri bagi popularitas sekolah.
c
  •  Di bidang Sosial
Partisipasi SMA Negeri 1 Sunggal dengan masyarakat sekitarnya, seperti kerja bakti
membersihkan rumah ibadah, bakti sosial oleh guru dan siswa kristiani melalui organisasi Rokris dengan memberikan pengobatan gratis dan pemeriksaan golongan darah gratis bagi masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar SMA Negeri 1 Sunggal dan yang paling membanggakan adalah kegiatan yang diadakan oleh Rohis yaitu siswa peduli du’afa yang diadakan setiap bulan ramadhan setiap tahunnya yang merupakan ajang berbagi dan bentuk kepedulian guru dan siswa terhadap warga sekitar yang nasibnya kurang beruntung ekonominya, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sekolah adiwiyata akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat.
  • Di bidang budaya
Menanamkan serta membudayakan prilaku senyum, sapa dan salam pada setiap pertemuan antara warga sekolah, dan prilaku ini menjadi keunggulan siswa/ siswi SMA Negeri 1 Sunggal karena memiliki sikap dan prilaku yang sangat santun dalam hidupnya, hal ini berdampak positif dalam pembentukan karakter peserta didik.
  •  Kegiatan Karya Wisata
Sebagai sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, seperti membawa spanduk serta atribut sekolah sampai keluar daerah dalam kegiatan wisata iman yang diikuti siswa muslim dan ritrit bagi siswa yang beragama kristen  dalam rangka menyaksikan keindahan alam dan menyaksikan besarnya keagungan Tuhan Allah SWT melalui ciptaan-Nya,  menyababkan nama SMA Negeri 1Sunggal dapat dikenal lebih luas sampai luar kota. Bahkan tertib sopan santun para siswanya diperjalanan akan mendapat kesan tersendiri dari masyarakat yang disinggahi dan dilaluinya.
  • Kegiatan Olah Raga dan Kesenian
Merupakan sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, misalnya keberhasilan siswa  menjuarai kegiatan porseni dan lomba antar sekolah baik bidang olah raga, seni, kegiatan keperamukaan, pameran karya seni dan kerajinan siswa pada kegiatan hardiknas, akan membawa keunggulan sekolah dan membawa nama harum SMA Negeri 1 Sunggal.
Menyediakan fasilitas sekolah untuk kepentingan masyarakat sekitar sepanjang tidak mengganggu kelancaran Proses Belajar Mengajar, demikian sebaliknya fasilitas yang ada di masyarakat sekitarnya dapat digunakan untuk kepentingan SMA Negeri 1 Sunggal.
Mengikutsertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan masih banyak lagi kegitan operasionalhubungan sekolah dengan masyarakat yang dikreasikan sesuai situasi, kondisi serta kemampuanpihak-pihak terkait.


6.    METODE/ CARA YANG DIGUNAKAN SMAN 1 SUNGGAL UNTUK MENYAMPAIKAN SETIAP PERUBAHAN ATAU INFORMASI KEPADA PUBLIK ATAU STAKE HOLDERNYA.YAITU MELALUI PUBLISITAS SEBAGAI BERIKUT :
  •  Kegiatan Eksternal
Kegiatan ini selalu berhubungan atau ditujukan kepada instansi atasan dan masyarakat di Luar sekolah. Ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan dalam hal ini yakni:
1)  Indirect act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui perantara mediatertentu seperti misalnya: informasi lewat Internet/ Website Sekolah. Penyebaran informasimelalui kegiatan pameran karya anak dan melalui majalah Sekolah.
2)  Direct act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui tatap muka, misalnya: rapat bersama dengan komitte sekolah, konsultasi dengan tokoh masyarakat, melayani kunjungan tamu dan sebagainya.

  •        Kegiatan Internal
Kegiatan ini merupakan publisitas ke dalam, sasarannya adalah warga SMA Negeri 1  Sunggal yang bersangkutan yaitu para Guru, Staf Tata Usaha, dan peserta didik. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan dua kemungkinan yakni:
1)   Indirect act adalah kegiatan internal melalui penyampaian informasi melalui surat edaran; penggunaan papan pengumuman di sekolah; penyelenggaraan majalah dinding; menerbitkan buletin/ majalah sekolah untuk dibagikan pada warga sekolah; pemasanganiklan/ pemberitahuan khusus melalui mass media; dan kegiatan pentas seni.
2)   Drect act adalah kegiatan internal yang dapat berupa: rapat dewan guru; upacara sekolah; Tirtayatra/ rekreasi bersama; dan penjelasan pada berbagai kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar